Blog Ekonomi Syariah

Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional

August 23, 2008 | Author: admin | Filed under: Artikel

Sistem ekonomi syariah sangat berbeda dengan ekonomi kapitalis, sosialis maupun komunis. Ekonomi syariah bukan pula berada ditengah-tengah ketiga sistem ekonomi itu. Sangat bertolak belakang dengan kapitalis yang lebih bersifat individual, sosialis yang memberikan hampir semua tanggungjawab kepada warganya serta komunis yang ekstrim[1], ekonomi Islam menetapkan bentuk perdagangan serta perkhidmatan yang boleh dan tidak boleh di transaksikan[4]. Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha.

Ciri khas ekonomi syariah

Tidak banyak yang dikemukakan dalam Al Qur’an, dan hanya prinsip-prinsip yang mendasar saja. Karena alasan-alasan yang sangat tepat, Al Qur’an dan Sunnah banyak sekali membahas tentang bagaimana seharusnya kaum Muslim berprilaku sebagai produsen, konsumen dan pemilik modal, tetapi hanya sedikit tentang sistem ekonomi[5]. Sebagaimana diungkapkan dalam pembahasan diatas, ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha. Selain itu, ekonomi syariah menekankan empat sifat, antara lain:

1. Kesatuan (unity)
2. Keseimbangan (equilibrium)
3. Kebebasan (free will)
4. Tanggungjawab (responsibility)

Manusia sebagai wakil (khalifah) Tuhan di dunia tidak mungkin bersifat individualistik, karena semua (kekayaan) yang ada di bumi adalah milik Allah semata, dan manusia adalah kepercayaannya di bumi[2]. Didalam menjalankan kegiatan ekonominya, Islam sangat mengharamkan kegiatan riba, yang dari segi bahasa berarti “kelebihan”[6]. Dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 275[7] disebutkan bahwa Orang-orang yang makan (mengambil) riba[8] tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila[9]. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…

18 people have left comments

Imam Subaweh - Gravatar

Imam Subaweh said on August 26, 2008, 5:24 pm:

Aku sangat apresiatif atas telah berhasilnya dibuat blog ekonomi syariah. Gimana saya bisa mengisinya ya …..

Budi Hermana - Gravatar

Budi Hermana said on September 1, 2008, 10:07 pm:

Bukannya sekarang Pak Imam dah jago mengisinya hehehe. Ayo pak mencari kontributor lainnya Pak

ayinurdin - Gravatar

ayinurdin said on September 9, 2008, 12:43 pm:

kita ramein yuk blog ini

humaery - Gravatar

humaery said on November 27, 2008, 11:29 am:

setuju seeekali dengan ayinurdin. yuuuuuu kita bareng-bareng remein…..

isti - Gravatar

isti said on January 28, 2009, 1:08 pm:

Aslm,, syukur alhamduliilah,, akhirnya ktmu jg dgn blog ekonomi syari’ah,, i love syari’ah economic,, help me yach 4 lbh mengerti ttg syari’ah economic,, please contact me, if there is something about syari’ah economic,,^-^

halimatur - Gravatar

halimatur said on April 26, 2009, 5:19 pm:

ai shi teru islam economic!!!
tapi apakah erkembangan ekonomi islam sekarang sesuai yang di harapkan????

sandy - Gravatar

sandy said on September 12, 2009, 4:54 pm:

aringato gozaimas…..
saya sandy saya seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi islam di bandung.
saya mengambil jurusan muamalah,,,,,
saya barcita-cita menjadi seorang yg ahli dibidang itw dan saya ingin skali mendirikan bank-bank syariah pegadaian syariah asuransi syariah pkox merubah semua bank konvesiona menjadi bank syariah insya allah

Dewi Rahmawati - Gravatar

Dewi Rahmawati said on October 10, 2009, 8:45 pm:

Ayooo kita dukung sistem ekonomi islam.

nanda - Gravatar

nanda said on October 16, 2009, 4:48 pm:

lah koq sama yang kayak di wikipedia seeeeeeeeeeeeeeeehhhh,,

EKA HERMAYANI - Gravatar

EKA HERMAYANI said on December 8, 2009, 10:40 am:

trimz yach saya puas dengan tema yang da pada wab ne

nana - Gravatar

nana said on December 30, 2009, 10:24 pm:

segalanya emang udah diatur ama islam, jangankan masalah ekonomi, mau tidur,bangun tidut ja ada aturannya…bener – bener rahmat buat semesta alam..

Maman Hermansyah - Gravatar

Maman Hermansyah said on February 2, 2010, 6:42 pm:

Sekira tahun 1994 ada tulisan dari penulis negri Malaysia ttg istilah Amanah Ekonomi. Dalam Amanah Ekonomi saya tangkap kita sebagai pedagang berkewajiban menyampaikan manfaat barang atau jasa yang kita jual. Saya mau tanya bagaimana hubungan antara Amanah Ekonomi dan market competition. Betul gak ya kalau konsep Amanah Ekonomi kita tarik garis terus ke dapan maka tidak ada kompetisi dalam ekonomi syariah.

aa(rahman) - Gravatar

aa(rahman) said on April 20, 2010, 8:44 am:

good syariah….
siapkah, syariah menjadi di atas………..

Ika Rizki - Gravatar

Ika Rizki said on January 14, 2011, 11:18 pm:

assalamualaikum, izin copas ya pak untuk tugas sayaa.. terima kasih. =)

silvia - Gravatar

silvia said on February 26, 2011, 12:16 pm:

sebenarnya gimana sich perkembangan ekonomi syariah di indonesia ??
mhon….

Sprei Murah dan Berkualitas Lembut - Gravatar

Sprei Murah dan Berkualitas Lembut said on October 30, 2011, 10:43 pm:

makasih infonya

halimatus sa’diah - Gravatar

halimatus sa’diah said on April 19, 2012, 7:14 pm:

aslmkm.. sebener’y ada yang ingin saya tanyakan,, apakah ada persamaan antara ekonomi islam dan ekonomi konvensional?

Leave A Comment

All fields marked with "*" are required.

Security Code: