Blog Ekonomi Syariah

Perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional.

October 24, 2008 | Author: IlhamSetiawan | Filed under: Artikel,Berita

Assalamualaikum,. Nama saya ilham setiawan dari 2ea03

Seiring waktu perkembangan syariah kini mulai tumbuh dengan pesat di bank-bank lain, Walau Indonesia sebagai sebuah Negara dengan pemeluk agama Islam terbesar, produk keuangan berprinsip syariah baru dikenal beberapa tahun yang lalu dan masih sangat terbatas. Dimulai dari sektor perbankan, dengan berdirinya Bank Muamalat pada November 1991. Prinsip syariah tidak hanya terbatas pada konteks perbankan, melainkan juga meliputi berbagai kegiatan ekonomi dan investasi, termasuk di pasar
modal dan asuransi.

Anda tentu pernah mendengar istilah bank syariah, atau, lebih luas lagi ekonomi berbasis syariah. Bahkan boleh jadi, banyak di antara Anda yang sudah menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Menurut technisi dari sistim keuangan ksa dan mentransfer uang lalu syarat-syarat peminjaman dan pengambilan uang sama tapi dilihat dari aspek legalitas adan akad nya itu sangat berbeda dengan bank konvensional.

Perbedaannya antara lain: pertama, akad dan legalitas merupakan kunci utam yang membedakan bank  yariah dengan bank konvensional lainnya. bank syariah melihat dari “innamal a’malu bin niat”, sesungguhnya setiap amalan begantung pada niat. dalam hal ini bergantung pada aqad nya, seperti bagi hasil,jual beli atau sewa menyewa. tidak ada unsur riba yang di haramkan.

Perbedaan selanjutnya dar struktur organisasi yang sangat baik yang dilihat dari stiruktur pengamananya yaitu DPS ( dewan pengawas syariah) yang bertugas sbg pengawasan operasional bank dan produk-roduknya agar sesuai garis syarah…Kemudian pada lingkungan disekitar bank syariah yang bernuasa islami. disini ketika kita datang nanti di bank syariah akan disambut mulai dari cara pakaian, bertingkah laku dari pada karyawannya. Mekanismenya dapat dilihat pada Gambar di bawah ini

Bank syariah itu mengeluarkan produk seperti:

1. bank syariah asli : bank yang tidak tercampur dengan bank konvensional lainnya.

2.bank syariah dengan bank konvensional: artinya merupakan bank yang menganut sistim syariah dan berdiri sendiri. tapi bukan dari bank konvensional.produknya terdiri dari : Bank syariah mandiri, bank muamalat dan lain-lain.

3.bank syariah dengan bank konvensional : artinya ada bank ini masih menganut sistim bank syariah tetapi msih milik suatu bank konvensional sebagai induknya..dll..

sekian dari saya mudah-mudahan bermanfaat nanti..wa’alaikum salam wr.wb

48 people have left comments

riffy… - Gravatar

riffy… said on January 6, 2009, 10:19 pm:

makasih bgt penjelasanny,,,
jadi saya tidak kebingungan lagi menjawab perbedaan kedua hal tsb,,,

syukran….

Riffy,mhs ekonomi perbankan islam….
UMY jogja

Erwin - Gravatar

Erwin said on February 28, 2009, 2:42 pm:

Afwan…
Penjelasan anda singkat dan padat, tp ada beberapa point yg belum saya pahami, yaitu:
“Bank syariah itu mengeluarkan produk seperti:
1. bank syariah asli : bank yang tidak tercampur dengan bank konvensional lainnya.
2.bank syariah dengan bank konvensional: artinya merupakan bank yang menganut sistim syariah dan berdiri sendiri. tapi bukan dari bank konvensional.produknya terdiri dari : Bank syariah mandiri, bank muamalat dan lain-lain.
3.bank syariah dengan bank konvensional : artinya ada bank ini masih menganut sistim bank syariah tetapi msih milik suatu bank konvensional sebagai induknya..dll..”
Maksud dari penjelasan tsb bagaimana? apa maksudnya dengan istilah Bank Syariah Asli? apa maksudnya dengan Bank Syariah dengan Bank Konvensional? apakah ada Bank Syariah yang tidak asli? mohon penjelasan/klarifikasinya.
Syukron…

Maulana - Gravatar

Maulana said on April 25, 2009, 10:01 am:

terima kasih blognya.

manokhara - Gravatar

manokhara said on April 28, 2009, 2:33 pm:

gak ad yang paham tuch but thanks bgt penjelasan yang singkat padat dan tak jelas.saking singkate aq gak bisa ambil kesimpulan

ahmad nurbarkah - Gravatar

ahmad nurbarkah said on May 8, 2009, 1:25 am:

syukron…..
sykron bgt ya atas penjlasan’a
alhmdulillah…
jd lengkap deh makalah’a…
sekali gy syukron bgt loh….

dian - Gravatar

dian said on May 14, 2009, 9:07 am:

Penjelasan anda singkat, tapi saya ingin lebih tahu secara rinci mengenai perbedaan bank syariah dan konvesional. berikut dengan kegiatan operasionalnya.
Thanks

Oeqy_ahmad - Gravatar

Oeqy_ahmad said on June 2, 2009, 9:35 am:

Jadi mana yg lebih baik, bank syariah atau bank konfensional?

yudhit - Gravatar

yudhit said on June 19, 2009, 6:23 am:

beda nya apa yang no. 2 sama no.3????

muhammad iqbal al haq - Gravatar

muhammad iqbal al haq said on July 7, 2009, 9:44 pm:

TP mengapa byk masy bertnya kalau Bank Syariah itu sgt sulit untuk mengajukan KREDIT,,mereka berkata kl Bank Konvensional lebih cpt,krn lgsg tau Bunga nya berapa dlm sthn,,
mohon jwbnnya
::mahasiswa UIN JKT;jur>Perbankan Syariah

Eddy Boekoesoe - Gravatar

Eddy Boekoesoe said on July 16, 2009, 9:04 pm:

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bank syariah adalah sebuah bengunan bank konvensional yang mengubah sistim bunga menjadi sistim jual beli dan bagihasil.Jadi bank syariah adalah bentuk baru dari bank konvensional, dimana aturan Islam hanyalah sebagai ornamen saja. Ini terbukti sewaktu dilaksanakan, masih mem”bench mark” operasi bank konvensiunal.
Bank syariah yang aseli, harus dibentuk dari aturan Islam baru dicari bentuk operasinya. Sebagai bank Islam bank syariah sejati, harus mensejahterakan nasabahnya, bukan memanfaatkan nasabah. Bank yang memanfaatkan nasabahnya adalah bank konvensional.
Salam,
Eddy Boekoesoe

ratih - Gravatar

ratih said on July 29, 2009, 9:43 pm:

thanks bgt atas penjelasanya..

maulud - Gravatar

maulud said on October 6, 2009, 10:03 am:

as…
pk mau nanya nie…ap az kegiatan bank konvensional yang g boleh atau yang g dilakukan ma bank syariah???

maulud - Gravatar

maulud said on October 6, 2009, 10:56 am:

as..
mf pk mw nanya nie…
ap az kegiatan bank konvensional yang g boleh atau g di lakukan ma bank syariah???

diantha rizky - Gravatar

diantha rizky said on October 14, 2009, 11:59 pm:

makasi atas penjelasannya….
dengan ini saya dapat mempersiapkan ujian mid dengan tenang…
hehe

stevanny - Gravatar

stevanny said on November 3, 2009, 7:06 pm:

Sejujurnya saya tidak mengert maksud dari produknya , saya menjadi semakin bingung
Tapi trimakasih atas blognya , karena dapat membantu saya dlam menyelesaikan tugas skolah saya
Trimakasih banyak…

stevanny - Gravatar

stevanny said on November 3, 2009, 7:24 pm:

Hmm…
Jujur saya tidak mengert maksud dari produk2nya…

Tapi trimakasih atas blog’y…

iqka - Gravatar

iqka said on November 6, 2009, 2:49 pm:

bank syariah sangat memuaskan

Fakhri - Gravatar

Fakhri said on November 17, 2009, 9:44 am:

“Apa pandangan Islam tentang Bank Konvensional ?”

nunu - Gravatar

nunu said on November 26, 2009, 10:51 am:

ad ngak y bs bantu bikn tesis ttg manajemen keuangan syariah ??

fikry - Gravatar

fikry said on December 10, 2009, 5:52 pm:

mkch,atas pnjlsnx saya jd ngrti prbdaanya tapi saya kurang puas.

RizaL.VenDy - Gravatar

RizaL.VenDy said on December 11, 2009, 6:55 pm:

MakaSih mAs………..
MAkaLah Bwt Tgz BS seLesai….!!!!!!!!

AGIS - Gravatar

AGIS said on December 13, 2009, 12:32 pm:

CUKUP JELAS..AGIS

dadang setiyawan - Gravatar

dadang setiyawan said on January 10, 2010, 1:23 am:

kunci utama bank syariah adalqah akad dan legalitas..
pertanyaan saya..
akad dan legalitas
trus gimana implementasinya dalam kegiatan operasionalnya?

wahyudi - Gravatar

wahyudi said on January 29, 2010, 11:20 pm:

penjelasan yg singkat tapi kurang jelas..

mungkin lebih jelas jika di detailkan poin-poin yang membedakan antara bank syariah dg bank konvensional..

misal:

bank syariah : bagi hasil

bank konvensional : bunga

sehingga akan terlihat jelas poin-poin yang membedakannya.

thankz..

wahyudi, (mhs Fekon Universitas Riau) pekanbaru

online - Gravatar

online said on February 22, 2010, 11:29 am:

Ya, mungkin kerana itu

ly - Gravatar

ly said on March 3, 2010, 2:25 pm:

askum,,
saya kurang jelasa dengan produk bank syariah dan konvensional tsb..
bs anda contohkan gak produk apa saja yang terdapat pada bank syariah dan bank konvensional, serta ap perbedaan dan persamaan dari produk-produk tsb..
thnk s’blm & s’sdh’y..???????????

sya - Gravatar

sya said on April 4, 2010, 9:18 pm:

dalam alquran sndiri riba atau bunga di haramkan. (Qs: albaqarah 275)

Konvensional mnganut sistem bunga, misal: pada saat pmberian kredit,kita minjem uang di bank untuk usaha,kita ga pernah tau usaha kita untung atau tidak,tp bank tidak mau tau pkoknya kita harus mngembalikan duit pinjaman tsb dengan bunganya. walopun sbnernya dalam usaha kita rugi, dan akhirnya ada yg namanya debt kolektor, dan bunganya pun mngikuti BI Rate yg kadang naik kdang turun.

klo syariah : Dengan sistem bagi hasil,misal kita minjem di bank namanya “pembiayaan” usaha bukan kredit,klo di syariah namanya ada mudharabah dan musyarakah. Bank sudah mnyatakan akan mngambil keuntungan dr pmbiayaan misal bank ngmbil keuntungan 10% stiap bulan yang harus dicicil slama jangka wkt tertentu. namanya keuntungan bukan bunga, krn sistem syariah tidak mengikuti BI rate. jd slama kita mminjam yg harus di kmbalikan + 10% dan tetap, ga ikut suku bunga BI rate yg naik turun.

lagi pula, klo kita rugi dalam usaha, bank hanya mngambil modal awalnya saja, dan juga ada kbijakan2 yang pasti tidak akan mrugikan.

yang paling kelihatan dengan memakai sistem bunga yaitu merugikan salah satu pihak, kbanyakan yg rugi adalah nasabah jika usahanya rugi.

padahal islam sendiri mngharamkan riba (Bunga), karena merugikan salah satu pihak. kita boleh mngambil keuntungan pa bila ada kesepakatan untuk jika untung dapat di bagi hasilkan.

daren - Gravatar

daren said on June 25, 2010, 9:48 pm:

produk apa saja yang di sudah di tawarkan oleh bank syaria? mohon penjelasanya lebih detail..makasih

Khamim - Gravatar

Khamim said on July 1, 2010, 10:17 pm:

Tulisan mengenai penjelasannya terlalu singkat. Tidak di lihat dari aspek2 yang lainnya. Kalo boleh minta,tolong di lengkapi dengan perbedaan2 yang lebih komprehensif lagi.Thanks

jauhar - Gravatar

jauhar said on October 14, 2010, 7:51 pm:

kayaknya dalam pelaksanaannya hampir sama. gak kliatan bangetan bedanya.

gorengan - Gravatar

gorengan said on October 27, 2010, 10:26 am:

thnx buat info nya gan

maya lestari - Gravatar

maya lestari said on October 28, 2010, 11:09 pm:

ass
apa sja cntoh produk bank syariah dan bank konvesional..???

Arman - Gravatar

Arman said on October 29, 2010, 3:02 pm:

mksh bgt ya…..
Akhirnya tgs klp aq bs slsai

ezha - Gravatar

ezha said on November 3, 2010, 9:48 pm:

terima kasih atas penjelasannya,,,,,
singkat namun masih ada yang saya ingin tnyakan ttg bank syariah tersebut. apakah bank syariah skrg sudah 100% syariah?apabila blum apa kendalanya?

Lintang - Gravatar

Lintang said on November 18, 2010, 6:24 pm:

arigato gozaimasu

Jv gzmiaty - Gravatar

Jv gzmiaty said on May 5, 2011, 9:24 pm:

Afwan, tp saya kurang jelas dengan penjelasan anda yang menurut saya agak ngejelimet.saya inginnya penjelasan yang rinci dan mudah di pahami.
tapi syukron, menambah pengetahuan

ziah - Gravatar

ziah said on June 19, 2011, 10:30 pm:

apa beda persentese bunga pada bank konvensional dengan pembagian nisbah pada bank syariah

anaira herozix - Gravatar

anaira herozix said on June 24, 2011, 9:58 am:

terlalu singkat,perlu di jelasin dengan lebih rinci lagi.

hilllaaa - Gravatar

hilllaaa said on July 22, 2011, 3:18 pm:

samlekum
mw tanya yah?? klo syariah dan konvensionalmerupakan bagianri ap?

ridwan - Gravatar

ridwan said on July 30, 2011, 2:38 am:

ya, antara no 2 dan n3 bungung uga, mohon lebih jelas

yan - Gravatar

yan said on August 26, 2011, 12:10 pm:

bagaimana pa ustad kalau saya sudah terlanjur bekerja di bank konvensional, kalaupun saya keluar dari pekerjaan tsb maka saya pasti menganggur karena belum menemukan job yang baru sedangkan saya sendiri sudah berkeluarga&punya anak yang wajib saya nafkahi? sebenarnya banyak kaum muslim yang bekerja dibank konvensional, kenapa ga di fatwakan terang2n di publik?

jaya - Gravatar

jaya said on September 18, 2011, 7:46 am:

bedanya…yang no 2 berdiri sendiri antara bank syariah dan bank konvensional gmeskipun nama PTnya masih satu, sedangkan no 3 syariahnya masih berinduk ke konvensional
Perlu dipahami, bahwa bank konvensional merupakan bank yang menerapkan system bunga bank sedangkan bank syariah, menrapkan system bagi hasil.

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/religion-studies/2211779-bank-konvensional-vs-bank-syariah/#ixzz1YFuSL8Ws

aby - Gravatar

aby said on September 29, 2011, 9:15 am:

makasiii,,, mantapp…

wiwit mustafidah - Gravatar

wiwit mustafidah said on October 9, 2011, 10:33 am:

hemmm,,,perjelasin dnkk….

danker elchianjury - Gravatar

danker elchianjury said on October 19, 2011, 12:01 am:

penjelsan yang singkat banget tapi saya belum paham.. syukron

AFLAH - Gravatar

AFLAH said on October 20, 2011, 1:27 pm:

mas kok mbingungin ea..??? bisa kesini ga SMP ALI MAKSUM, untuk njelasin aku tentang ekonomi….??? please

sunandri - Gravatar

sunandri said on June 26, 2012, 4:07 pm:

As…
saya mau tanya aza apa keunggulan Bank Syariah secara mendasar??? terima kasih…

sukro - Gravatar

sukro said on May 23, 2013, 4:15 pm:

ini apa sih? gak jelas, pendek pula.
banyak yang perlu diklarifikasi, seperti:
1. apa beda nomer 2&3?
2. apa ada syariah yang tidak asli?
3. perlu dirapikan sistem penulisan anda.

wss,
sukro

Leave A Comment

All fields marked with "*" are required.

Security Code: